Profil Fakultas Syari'ah Wal Qonun Universitas Al-Ahgaff - Sang Pemburu Badai

Jumat, 22 Mei 2009

Profil Fakultas Syari'ah Wal Qonun Universitas Al-Ahgaff


Berbeda dengan Fakultas-Fakultas yang dimiliki Al-Ahgaff yang lain, Fakultas Syari'ah Wal Qonun diletakkan pihak Universitas di kota tarim distrik Aidid. Asrama Mahasiswa dan gedung perkuliahan terletak 1 Km dari pusat kota tarim. Alasan ditempatkannya Fakultas Syari’ah wal Qanun terpisah dengan induknya diantaranya guna terwujudnya pendidikan syari’ah yang tidak berpusat di perkuliahan semata, tetapi juga perlu adanya pengkombinasian metode pendidikan melalui bi’ah (lingkungan), mengingat kota Tarim terkenal sebagai kota ilmu dan ulama. Yang kedua adalah faktor kultur sosial kemasyarakatan kota ini yang sangat mendukung untuk dijadikan sebagai tempat bertafaqquh fid dien. Juga kerena faktor sejarah, yang telah mendorong ditempatkannya fakulas ini dikota Tarim. sebagaimana yang kita ketahui bahwa dari sinilah Islam dibeberapa belahan dunia (seperti Asia dan Afrika) bisa menyebar dan berkembang dengan pesat berkat kegigihan dan keikhlasan para tokohnya dalam berda’wah menyebarkan Islam
Selain itu ada beberapa keuntungan tersendiri bagi mahasiswa dengan diletakkannya fakultas ini di tarim yaitu : memungkinnya bagi mahasiswa untuk istifadah dan mengikuti majlis-majlis ilmiah yang diadakan di kota tarim yang nota bene sebagai pusat ilmu keagamaan bermadzhab ahlussunah wal jama'ah di hadramaut bahkan di Negara yaman. Diantara lembaga-lembaga di kota wali ini yang paling sering diikuti kegiatannya oleh mahasiswa disini adalah Darul Mustofa Liddirosah Islamiyah yang diasuh Oleh Al-Habib Ad-Da'i ilaAllah Umar Bin Salim Bin Hafidz yang Cuma berjarak kurang lebih 400 meter dari asrama mahasiswa. Dan Ribath Tarim Lit Ta'lim yang diasuh Oleh As-Syaikh Al-habib Sultonul Ulama' Salim As-Syatiri yang berjarak sekitar 1.5 kilo meter. Selain itu masih banyak lagi kegiatan-kegiatan ilmiah yang bisa di ikuti oleh mahasiswa yang diadakan oleh para ulama' dan cendikiawan-cendikiawan lulusan berbagai negara yang berada di kota ini.
Dalam umurnya yang masih muda Fakultas ini telah memiliki mahasiswa yang berasal lebih dari 17 negara di belahan dunia seperti; Indonesia, singapura, Pakistan, palestina, Nigeria, Tanzania dll. Jumlah mahasiswa Indonesia yang berada di fakultas ini terdiri lebih 250 orang atau sepertiga dari jumlah orang indonesia yang berada di kota tarim.
Metode pengajaran yang ditetapkan oleh Universitas Al-Ahgaff selama ini adalah sistem semester yang terdiri dari sepuluh semester dan bisa ditempuh minimal selama lima tahun, dan maksimal selama tujuh tahun. Secara umum mata kuliah fakultas ini didominasi oleh pelajaran-pelajaran agama, walaupun dikaji pula tentang ilmu hokum. Diantara disiplin ilmu syari’ah yang dikaji disini adalah : Fiqh Madzhabi, Fiqh Perbandingan ( muqoron ), Ushul Fiqh, Fiqih Nawazil wal Mu'ashiroh, Mustholahul Hadits, Tareh Tasyri’, Ahwal Syahsiyyah, Ulumul Qur’an, Maqashid Syari’ah, Ayat Ahkam, Hadist Ahkam, Nahwu, Lughat Arabiah, Mantiq, Balaghah dan lain sebagainya. kemudian diantara fan hukum yang dikaji difakultas ini adalah : Madkhal Qanun(Pengantar Qonun), Qanun Madany wal Iltizamat ( Perdata ), Qanun JInayah ( Pidana ), Qanun Dustury (UUD), Qanun Murafa’at (Hukum Acara), dan lain sebagainya.
Selain itu, difakultas ini juga dikaji beberapa disiplin ilmu yang erat hubungannya dengan dua disiplin ilmu tadi, diantaranya adalah :Iqtishod Islami (ekonomi Islam), Al Uqud Al Musammah, Al Maliyyah al Ammah yang mengupas tentang ekonomi dan keuangan menurut kaca mata Islam dan Ushul Bahts yang membahas tentang tata cara menulis karya ilmiah, sebagai bekal para mahasiswanya untuk dapat menulis dengan baik serta berbobot.
Muqorror yang di pelajari di setiap tingkatan.
 Mustawa awal-Semester satu .
Ru'us Masa'il (Yaaquut al-Nafiis), Nahwu (Mutammimah), Aqidah (Duruus al-Tauhid), Mantiq (Iidhaahul-Mubham), Lughat Arabiah (Imla' wa al-Tarqiim), Madkhal Qonun 'am (pengantar qonu), Tarikh Tasyri', ilmu Computer.
 Mustawa awal-semester dua.
Ru'us Masa'il (Yaaquut al-Nafiis), Fiqih madzhabi (Minhaaj al-Tholibin), Nahwu (Syarh ibnu Aqil mulai), Ulum Qur'an (Mabaahist fii Ulumil-qur'an), Musthalah hadits (Al-Taqriib al-Nawawi), Madkhal Qonun khos (pengantar qonun).
 Mustawa tsani-semester tiga.
Fiqih Madzhabi (Minhaaj al-thalibin), Usul fiqih (syarah waraqat), Nahwu (Syarh ibnu aqil), Fiqih Sirah (fiqh al-Sirah), Qonun Murofa'at ( ).
 Mustawa tsani-semester empat.
Fiqih madzhabi (Minhaaj a-thalibin), Usul fiqih (Ghayatul whusul), Nahwu (Syarh ibnu aqil), Tafsir Ayat ahkam (Ayatul Ahkam Lis Sayis ), Ahadits Ahkam (Subuulus-salaam), qanun jinayat (undang-undang pidana).
 Mustawa tsaalis-semester lima
Fiqih madzhabi (Minhaaj al-thalibin), Usul fiqih (Ghayatul whusul), Faraidh (Takmilah zubdah al-hadits fii fiqh al-mawaariist), Nahwu (Syarh ibnu aqil), Ayat Ahkam (Ayaat al-ahkaam As-sayis), Ahadits Ahkam (Subuulus-Salaaam), Qonun Iltizamat ( ).
 Mustawa tsaalis-semester enam.
Fiqih MAdzhabi ( Minhaj Al Tholibin/ Jinayah ), Fiqih Muqaaran (Fiqih perbandingan madzhab/Ibadat), Usul fiqih (Ghayatul whusul), Nahwu (Syarh ibnu aqil), Ayat Ahkam (Ayaat al-ahkaam As-Sayis), Ahadis Ahkam (Subuulus-salaam), Maliyah Ammah (Keuangan Negara).
 Mustawa raabi' Semester Tujuh.
Fiqih Muqaaran (Fiqih perbandingan madzhab/Mu'amalat), Usul fiqih (Ghayatul whusul/qiyaas), Sharaf (Syarh ibnu aqil), Ayat Ahkam (Ayaat al-ahkaam As-Sayis), Ahadits Ahkam(Subuulus-salaam), Fiqih Madzhabi (Minhajut Tholibin/ Qodlo').
 Mustawa Robi' Semaster delapan
Fiqih Muqoron (Fiqih perbandingan madzhab/Jinayah dan qodlo'), Usul Fiqih (Ghayatul whusul/Istidlal) Uqud Musamma (Ahkam Aqdul Bai' wal IJar) ,Balaghoh,Ayat Ahkam (Ayaat al-ahkaam As-Sayis), Usulul Bahts, Shorof (I'lal-akhir kitab)
 Mustawa Khomis Semester sembilan
Maqosidus Syari'ah, Fiqih Nawazil, Qonun Dusturi dan Siyasi ( ), Ahwalul Syahsyiyah ( ), Balaghoh.
 Mustawa Khomis Semester Sepuluh
Qowaaid Fiqhiyah ( Susunan Dosen ), Qonun Dlomanat wat Ta'minat, Skripsi.
Buku/kitab muqorror Yang Digunakan
Fan Fiqh dan Ushul Fiqh : Yaaquut al-Nafis (Al-Alim Assayid Ahmad bib Umar As-Syatiri dan syarah yaqut oleh putranya sayyid Muhammad), Minhaaj al-thalibin (Imam muhyiddin yahya An-Nawawi), syarah waraqat (Imam Al-mahalli), Ghayatul whusul bisyarhi Lubbul-usul (Li Syaikhil Islam Zakariya Al-Anshari),
Fan Nahwu dan Lughat : Mutammimah ( ), Syarh ibnu Aqil wat ta'liqat/ 4 juz ( Syarh ibnu aqil watta'liqot lil muhyiddin abdul hamid), Imla' wa al-Tarqiim ( ), Balaghoh ( Susunan Dosen)
Fan Sejarah : Tarikh Tasyri' ( ), Fiqh al-Sirah (DR.Muhammad Sa'id Ramadhan al-Buthi)
Fan Al-Qur'an wa ulumihi : Mabaahist fii Ulumil-qur'an (Manna' al-Qattan), Ayaat al-ahkaam As-sayis / 4 juz (M ali sayis, Abdul latif Assubki, M ibrahim karsun),

Fan Al-hadist wa ulumihi : Al-Taqriib al-Nawawi (Imam muhyiddin yahya An-Nawawi), Subuulus-salaam syarh Bulugul-Maraam/ 4 juz (imam As-shon'ani),
Fan Qonun : Madkhal Qonun 'am ( ), Madkhal Qonun khos ( ), Qonun Murofa'at ( ), Qonun Jinayat/Pidana (2 buku, Syarh Qanuun al-Jaraa'im wa al-Uqubaat alqismul 'am dan Alqismul khos/Dr. ali hasan As-syarafi), Qonun Maliyah Ammah ( ), Qonun Dusturi dan Siyasi ( ), Ahwalul Syahsyiyah ( ), Qonun Dlomanat wat Ta'minat ( ).
Fan lain : Tauhid : Duruus al-Tauhid ( ),Mantiq : idhaahul-Mubham ( ), Faraidh : Takmilah zubdah al-hadits fii fiqh al-mawaariist ( ), Uqud Musamma ( ), Maqosidus Syari'ah ( Susunan Dosen ), Fiqih Nawazil( Susunan Dosen ), Qowaaid Fiqhiyah ( Susunan Dosen)
Khusus Materi Al Qur'an setiap Mahasiswa diharuskan memiliki ijazah Tahfidz 10 Juz dan ijazah Tartil 30 juz ( Qiro'ah Hafs )dari Madrasah Al Aidaroos lil Ta'limil Ilmi qiro'ah yang berada di Tarim ( ini khusus untuk mahasiswa fakultas syari'ah wal qanun).

Mahasiswa yang telah diterima disini akan mengapatkan Beasiswa secara penuh meliputi : pendidikan, asrama beserta paralatan tidur, makan 3 kali sehari. Untuk pembuatan paspor baru ( setiap 5 tahun), membayar iqomah setiap tahun ( sekitar Rp.400 ribu ) dan keperluan pribadi setiap hari ditanggung pihak mahasiswa sendiri. Dan juga diperbolehkan bagi mahasiswa untuk membawa peralatan-peralatan sendiri sekiranya tidak akan mengganggu (mendukung) aktifitas kuliah seperti : laptop, computer, Hp, mesin cuci dll dengan listrik 100% di tanggung pihak Universitas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Untuk Meinggalkan Komentar Anda ! Kritik dan Saran Dibutuhkan Untuk Perbaikan Blog Ini Kedepannya.