Akhirnya Jadi Juga - Sang Pemburu Badai

Jumat, 22 Mei 2009

Akhirnya Jadi Juga


Kata banyak orang menulis itu sulit, ternyata Cuma bo'ongan. Nyatanya aku bisa nulis di blog ini. Padahal dari dulu aku paling males kalau di suruh menulis. Baik tugas sekolah atau catatan, apalagi madding. Kenapa males? Ya males aja, males ama mikirnya. Kalau mengarang sih sering, malah hampir setiap hari tapi ngga' ngarang untuk sebuah karya tapi ngarang ngomongnya alias " bo'ongan". Yang pernah jadi temanku baik di SMP maupun SMA pasti tahu kalau tulisannku bentuknya paling bagus sekelas, saking bagusnya yang nulis sendiri sampe ngga' bisa mbaca tulisannya sendiri, apa lagi orang lain. Tau g' sebab nya tulisanku jadi paling bagus sekelas sampe dapet predikat tulisan ceker ayam ? ya karena aku ngga' pernah mau menulis. Jadi yang ingin yang ingin tulisannya bagus ikutin aja thoriqohku, jangan sering-sering menulis. Itulah pelajaran pertama yang aku dapat dari penglamanku sampe umurku yang mau menginjak 20 tahun.
Dulu, saking malesnya nulis biasanya aku sampe minta tolong dituliskan ama anak cewek, ngga' minta sih tapi lebih mirip maksa. Kalian kan tahu kalu anak cewek itu berjiwa penolong, apa lagi dibarengi memasang muka melas ( menyedihkan ) di depannya, aku jamin deh kalian belum sampe minta udah ditawarin pertolongan. Coba aja kalau ngga' percaya ( sumpah deh loe disambar gledek ) pasti berhasil. Kalu belum berhasil berarti muka kalian yang kurang menyedihkan. Mungkin bisa dibantu dengan menyobek-nyobek muka sendiri, di bacok juga lebih baik. hii…hi…….hii..
Tapi ada yang aneh dari diriku, dari dulu aku selalu mendapat pekerjaan yang berhubungan dengan menulis walaupun aku ngga' pernah suka menulis. Dari sejak SD seingatku aku menjabat sekretaris dari kelas 4 sampe kelas 6. tahun awal aku di SMP dan SMA juga menjadi sekreteris. Di karang taruna di desaku aku memulai kiprah organisasi ku juga menjadi sekretaris. Di pespurtakaan pondok juga menjadi menjadi sekretaris. Bahkan sampe sekarang ketika aku menulis ini juga masih menjabat sebagai sekretaris BEM disini. Aneh kan? Kalau ngga' aneh ya dianggep aneh aja lah. Tapi waktu smp dan sma Cuma sampe di awal tahun saja soalnya ya itu tadi, tulisannya ngga' bisa di baca ama orang lain.
Kalian udah tahu kan kalau aku paling males kalau di suruh nulis, tapi aku heran mengapa sekarang aku harus repot-repot menulis untuk kalian? Sampe buat blog segala! Jangan-jangan kalian nyihir aku ya biar mau nulis sebab dulu aku ngga' mau buat madding di sekolah atau karena kalian balas dendam karena pernah aku suruh nulis tugasku? Ngaku deh! Iyakan kalian yang nyuruh? Awas dosa loh kalu ngga' ngaku. Kata ibuku orang berdosa itu masuk neraka. Tapi aku ngga' tau tuh neraka dimana. Ada yang pernah kesana ngga'? Kalau ada beritahu aku ya, itung-itung bagi-bagi pengalaman!!!!!!
Pengen tau ngga' yang biasanya menyebabkan orang males ama menulis? Ini ya, aku cantumkan beberapa pendapat para cendikiawan Indonesia tentang sebab-sebab kurangnya minat orang Indonesia untuk menulis.
Drs.H.Hamdan.MM dalam artikelnya yang berjudul mampukah anda menuangkan ide atau gagasan mengatakan " yang menyebabkan kemunduran dalam hal tulis menulis di Indonesia adalah karena tidak adanya kepercaan seseorang akan dirinya sediri. Ada skenario besar supaya bangsa indonesia tidak percaya diri, jadi kalau sudah tidak percaya diri akan selalu menggantungkan diri pada orang lain. Perhatikan secara seksama bila orang
tidak percaya diri, jangankan mengeluarkan ide atau gagasan mengamankan
dirinya sendiri dari persaingan sudah belepotan. "
tapi kayaknya aku bukan tipe orang seperti itu, kalau masalah pede sih dari dulu aku ngga' pernah kurang-kurang. Malah kadang-kadang pedenya berlebihan sampai jadi "kepede'an". Jadi pendapat ini ngga' cocok deh ama sebab musababa aku males menulis.
Aku pernah baca artikel yang bertema tentang kurang produktifnya orang Indonesia dalam menulis kalau di bandingkan negara-negara lain. Katanya sih, minat baca seseorang terlalu rendah yang menyebabkan kurangnya pengalaman dan pengetahuan. Biasanya orang yang kurang baca, kurang berminat untuk menulis .
Tapi lagi-lagi ini ngga' coocok deh ama aku, soalnya kalau masalah baca-membaca aku sih paling hobi. Novel ayat-ayat cinta dan tetralogi laskarpelangi setiap bukunya aku selesaikan kurang dari satu hari. Tahu cerita silat Nagasasra Sabuk inten karya S.H.Mintardja ngga'? kalu ngga' yah dianggep tau deh! Biar nyenengin yang nulis. Tuh novel jumlahnya 16 jilid Cuma aku selesain dalam 6 hari. Waktu mbacanya pas liburan, aku Cuma istirahat makan, ibadah, ke wc ama tidur paling-paling berapa jam.
Kalau menurut aku sih sebab malesnya yah karena males aja. karena orang kalau udah keserang penyakit males pasti kerjaannya males-malesan dan suka males-males.
Kayaknya ngga' masuk akal ya alasannya. Kalau bener ngga' masuk akal di masukin aja ke dengkul (lutut-red).he..he..he..he..he..
Tapi kira-kira pembaca punya alasan lain ngga'? kalau ada beri tahu dong, biar aku bisa nulis terus untuk dirimu…………!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jangan Lupa Untuk Meinggalkan Komentar Anda ! Kritik dan Saran Dibutuhkan Untuk Perbaikan Blog Ini Kedepannya.